Angels and Demons – Dan Brown

“Kita semua merasakan manfaat ketika berdekatan dengan hal-hal yang berbau ketuhanan … walaupun itu hanyalah sebuah khayalan.”
479

Media pers adalah senjata terampuh bagi anarki
434

Penonton tidak lagi menghendaki kebenaran, mereka hanya ingin hiburan.
281

Kebanggaan dan teladan tidak boleh menghalangi nalar dan logika.
245

Mengapa harus mengubah dunia kalau dunia tidak memerhatikanmu.
231

“Kamu percaya pada Tuhan?” Vittoria lama terdiam. “Ilmu pengetahuan mengatakan padaku bahwa Tuhan itu pasti ada. Pikiranku mengatakan kalau aku tidak akan pernah mengerti Tuhan. Dan hatiku mengatakan kalau aku tidak ditakdirkan.”
170

“Sebagai seorang ilmuwan dan putri dari seorang pastor Katolik, apa pendapatmu tentang agama?” Vittoria berhenti sejenak, lalu menyingkirkan sekumpulan rambut dari matanya. “Agama seperti bahasa atau pakaian. Kita terpengaruh oleh praktik keagamaan tertentu yang diajarkan kepada kita sejak kecil. Tapi pada akhirnya, kita menyatakan hal yang sama; hidup memiliki artinya tersendiri dan kita merasa berterima kasih kepada kekuatan yang sudah menciptakan kita.” Langdon merasa tertarik. “Jadi kamu ingin mengatakan bahwa apa pun agamamu, Kristen atau Islam, itu hanya ditentukan oleh tempat kelahiranmu?” “Bukankah memang demikian? Lihat saja penyebaran agama di seluruh dunia ini.” “Jadi, iman itu tidak disengaja?” “Bukan begitu. Keimanan itu universal. Tapi cara kita memahaminya tidak seragam. Ada yang berdoa kepada Yesus, ada yang pergi ke Mekah, beberapa orang mempelajari partikel subatomik. Pada akhirnya kita semua hanya mencari kebenaran sesuatu yang lebih besar dari kita sendiri.”
169

“Pak Langdon, aku tidak menanyakan apakah kamu percaya pada apa yang dikatakan orang tentang Tuhan. Aku bertanya apakah kamu percaya pada Tuhan. Ada perbedaannya. Kitab- kitab suci itu adalah kumpulan cerita … legenda dan sejarah dari pencarian manusia untuk memahami kebutuhan diri mereka sendiri akan arti. Aku tidak memintamu untuk menilai literatur. Aku hanya bertanya padamu apakah kamu percaya pada Tuhan. Ketika kamu berbaring sambil memandang langit yang ditaburi bintang, apakah kamu merasakan keagungan Tuhan? Apakah kamu merasa di dalam hatimu kalau kamu sedang menatap karya Tuhan?”
168

“Ya. Jika antimateri dan materi bersentuhan, keduanya akan langsung hancur. Ahli fisika menyebutnya proses penghancuran.” Langdon mengangguk. “Oh.” Ini adalah reaksi alam yang sederhana. Sebuah partikel dari materi dan sebuah partikel dari antimateri bergabung dan menghasilkan dua partikel baru yang disebut foton. Foton tak lain adalah satu titik kecil cahaya.” Langdon pernah membaca tentang foton—partikel-partikel cahaya—yang merupakan bentuk termurni dari energi.
124

Ilmu pengetahuan dan agama tidak bertentangan. Ilmu pengetahuan hanya terlalu muda untuk mengerti.
112

“Kapan tepatnya penciptaan alam semesta ini terjadi? Waktu nol.” Dia menatap Langdon. “Bahkan sampai hari ini pun ilmu pengetahuan tidak dapat menemukan titik awal penciptaan alam semesta. Kami dapat menghitung bagaimana alam semesta dimulai, tetapi ketika kita mundur ke titik awal dan mendekati waktu nol, tiba- tiba matematika tidak mampu menjelaskannya dan semuanya menjadi tidak bermakna.”
112

Kadang kala, untuk menemukan kebenaran, orang harus memindahkan gunung.
93

Dia menganggap fisika sebagai ’hukum alam Tuhan’. Dia bilang kita bisa membaca tulisan tangan Tuhan dengan memerhatikan hukum alam yang terjadi di sekitar kita. Melalui ilmu pengetahuan dia berharap dapat membuktikan keberadaan Tuhan bagi orang-orang yang meragukannya.
74

“Kelompok Illuminati memang memuja setan. Tetapi tidak dalam pengertian modern.” Dengan cepat Langdon menjelaskan bagaimana umumnya orang menggambarkan para pemuja setan sebagai pemuja iblis. Tapi secara historis para pemuja setan adalah orang-orang yang terpelajar yang melawan gereja. Shaitan. Kabar angin tentang kekuatan gaib hitam, pengorbanan hewan dan ritual pentagram hanyalah kebohongan yang disebarkan oleh gereja sebagai kampanye kotor melawan musuh-musuh mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, para penentang gereja itu juga ingin menyamai kaum Illuminati. Kelompok itu mulai memercayai kebohongan yang disebarkan oleh gereja dan bertindak sesuai dengan apa yang mereka percayai. Maka, lahirlah kelompok pemuja setan modern. Kohler berdehem. “Itu semua sejarah kuno. Aku ingin tahu bagaimana simbol itu bisa berada di sini.” Langdon menarik napas panjang. “Simbol itu sendiri diciptakan oleh seorang seniman Illuminati yang tidak diketahui namanya pada abad keenam belas sebagai penghormatan bagi kecintaan Galileo akan simetri— semacam logo sakral Illuminati.
64

Galileo adalah seorang Illuminatus. Dan dia juga seorang Katolik yang taat. Dia berusaha untuk memperlunak pemikiran gereja terhadap ilmu pengetahuan dengan mengatakan bahwa ilmu pengetahuan tidak mengecilkan keberadaan Tuhan, tetapi malah memperkuatnya. Dia pernah menulis ketika dia memerhatikan planet-planet yang berputar melalui teleskopnya, dia dapat mendengar suara Tuhan dalam musik alam semesta. Dia meyakinkan bahwa ilmu pengetahuan dan agama bukanlah musuh, tetapi rekanan—dua bahasa berbeda yang
menceritakan sebuah kisah yang sama, kisah tentang simetri dan keseimbangan … surga dan neraka, malam dan siang, panas dan dingin, Tuhan dan setan. Ilmu pengetahuan dan agama keduanya bergembira bersama dalam simetri Tuhan … pertandingan tak pernah berakhir antara terang dan gelap.

Penggabungan ilmu pengetahuan dan agama tidak diinginkan gereja.

Pengabungan itu akan menghancurkan apa yang sudah dikatakan gereja sebagai satu-satunya kendaraan yang dapat digunakan manusia untuk mengerti Tuhan. Jadi gereja mengadili Galileo sebagai orang yang sesat, diputus bersalah dan dijatuhi hukuman tahanan rumah seumur hidup.

Penangkapan Galileo membuat kaum Illuminati bergejolak. Tapi mereka membuat kesalahan sehingga gereja dapat mengenali empat orang anggota Illuminati. Mereka kemudian ditangkap dan diinterogasi. Tetapi keempat ilmuwan itu tidak mengatakan apa-apa … walaupun mereka disiksa.

Mereka dicap hidup-hidup di dada mereka dengan simbol salib.

Setelah itu para ilmuwan dibunuh dengan sadis, mayat mereka di
buang di jalan-jalan di Roma sebagai peringatan bagi yang lainnya supaya tidak bergabung dengan kaum Illuminati. Karena serangan gereja yang begitu gencar, anggota Illuminati yang masih tersisa akhirnya melarikan diri dari Italia.

Kaum Illuminati bergerak di bawah tanah dan mulai bergabung dengan para pelarian lainnya yang berusaha menyelamatkan diri dari aksi pembersihan yang dilakukan gereja. Mereka adalah para penganut aliran mistik, ahli kimia, pengikut ilmu gaib, dan orang-orang Muslim dan Yahudi. Selama bertahuntahun, Illuminati menambah anggotanya. Sebuah Illuminati baru pun muncul. Kelompok Illuminati yang lebih gelap. Kelompok Illuminati yang sangat anti-Kristen. Mereka menjadi begitu kuat, mengadakan upacara- upacara misterius, kerahasiaan yang sangat tertutup, dan bersumpah untuk bangkit lagi pada suatu hari untuk membalas dendam pada Gereja Katolik. Kekuatan mereka berkembang sehingga gereja menganggap mereka sebagai suatu gerakan anti- Kristen yang paling berbahaya di bumi ini. Vatican mengolok mereka sebagai persaudaraan Shaitan.

Itu istilah dalam Islam. Artinya ’musuh’ … musuh Tuhan. Gereja sengaja memilih nama dari istilah Islam karena itu adalah bahasa yang mereka anggap kotor.” Langdon meneruskan dengan ragu-ragu. “Shaitan adalah asal kata untuk kata bahasa Inggris … Satan.
59, 60

Kata Illuminati berarti ‘mereka yang tercerahkan’. Itu adalah nama sebuah persaudaraan kuno.

“SEJAK AWAL PERADABAN,” jelas Langdon, “sebuah jurang dalam telah terbentuk di antara ilmu pengetahuan dan agama. Ilmuwan-ilmuwan yang berani bicara seperti Copernicus—” “Dibunuh,” sela Kohler. “Dibunuh oleh gereja karena mereka menguak kebenaran ilmiah. Agama selalu menganiaya ilmu pengetahuan.” “Ya. Tetapi pada tahun 1500-an, sebuah kelompok di Roma melawan gereja. Beberapa orang Italia yang sangat terpelajar, seperti para ahli fisika, matematika, dan ahli astronomi, diam- diam mulai mengadakan pertemuan untuk berbagi keprihatinan terhadap pengajaran gereja yang tidak benar. Mereka takut kalau monopoli gereja pada ’kebenaran’ akan mengancam pencerahan ilmuwan di seluruh dunia. Mereka mendirikan sebuah think tank, lembaga pemikir pertama di dunia, dan menyebut diri mereka sendiri sebagai ’orang-orang yang tercerahkan.’” “Kelompok Illuminati itu.”
55, 57

Sejak awal peradaban, spiritualitas dan agama digunakan untuk mengisi celah – celah yang tidak dapat dijelaskan oleh ilmu pengetahuan. Terbit dan tenggelamnya matahari dulu pernah dihubungkan dengan dewa Helios dan kereta kuda berapi. Gempa bumi dan gelombang pasang dianggap sebagai kemarahan dewa Poseidon. Ilmu pengetahuan kini membuktikan bahwa dewa-dewa itu adalah sembahan palsu. Tidak lama lagi Tuhan juga akan terbukti sebagai sembahan palsu. Kini ilmu pengetahuan telah menemukan jawaban untuk hampir semua pertanyaan yang bisa ditanyakan oleh manusia. Hanya ada beberapa pertanyaan yang masih belum terjawab, dan itu semua merupakan pertanyaan- pertanyaan yang luar biasa sulit. Dari mana kita berasal? Apa yang kita lakukan di sini? Apa arti kehidupan dan alam semesta?”
48

Fisika partikel adalah kajian tentang atom, bukan?” Kohler menggelengkan kepalanya. “Atom terlihat seperti sebuah planet kalau dibandingkan dengan apa yang kami tangani ini. Minat kami adalah pada inti atom yang berukuran 1/10.000 dari ukuran atom secara keseluruhan.
47

Tentu saja. Betapa bodohnya saya. Orang tidak perlu mengidap kanker untuk memahami gejala yang dimiliki oleh penyakit itu.
42

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s