Ideologi Pancasila – STUDI FILSAFAT

STUDI FILSAFAT:
Sementara keanekaragaman ideologi berbagai bangsa dimuka bumi ini berkembang bangsa Indonesia ternyata masih gamang dalam menerapkan ideologi Pancasila yang digali dari sumber budaya adi luhung nenek moyang bangsa. Ideologi Pancasila muncull bersamaan denga piagam Jakarta sebagai hasil rumusan dari BPUPKI yaitu beberapa bulan menjelang Kemrdekaan bangsa ini yang selanjutnya dengan mengurangi beberapa kalimat Piagam Jakarta diadopsi menjadi Pembukaan UUD 1945 dan resmi menjadi dasar negara dan ideologi negara sehari setelah Proklamasi 17 Agustus 1945.

Yang menyedihkan sejak resmi jadi ideologi dan falsafah bangsa Pancasila sebagai ideologi dan falsafah bangsa tak pernah benar2 dilaksanakan dengan konsisten dan konsekwen oleh komponen bangsa kita kecuali hanya sekedar retorika dan sebagai alat pembenar dari berbagai tindakan pemerintah, khususnya pemerintah orde Baru

Sedangkan pada paska kejatuhan rezime Orde Baru pancasila juga diperlakukan tak berbeda dengan orde baru memperlakukan Pancasila, Sampai saat ini Pancasila talk lebih dari sekedar retorika dan hanya terbatas diucapkan di mulut para tokoh pimpinan Bangsa dan tokoh2 nasional yang berada diluar struktur negara. Jika ideologi pancasila benar2 dilaksanakan maka seluruh komponen penegak hukum yang berada dalamn struktur negara menegakkan hukum dengan benar tapi faktanya ? bisa kita lihat dan bisa kita rasakan, termasuk bagaimana KPK menegakkan hukum.
(21 April 2013, 22:57)

Sugianto Chang Papinya Naya:
ideologi itu apa sih? dari definisi itu kita baru bisa nentuin ideologi pancasila sudah diterapkan atau belun..
(21 April, 23:07)

STUDI FILSAFAT:
Ideologi sebagai istilah mulai diperkenalkan selama Revolusi perancis oleh Antoine Destutt de Tracy & pertama kali dipergunakan ke publik pada tahun 1796 . bagi tracy , ideologi dimaksudkan dengan ” Ilmu tentang Ide ” yang diharapkan dapat mengungkap asal muasal dari ide – ide & menjadi cabang Ilmu baru yang kelak setara dengan biologi / zoologie . namun , makna Ideologi berubah ditangan Karl Mark melalui kerja awalnya dalam buku The German Ideology yang ditulis bersama F. Engles .

sebagimana penjelasan Franky Bealey { black well , 2000 } , kini Ideologi lebih diartikan sebagai sistem berfikir Universal Manusia untuk menjelaskan kondisi mereka , berkaitan dengan proses & Dinamika sejarah , dalam rangka menuju masa depan yang lebih baik .
(21 April 2013, 23:27)

STUDI FILSAFAT:
Pancasila harus selalu dipromosikan kepada seluruh komponen bangsa dan itu tugas pemerintah yang dibebankan oleh negara dan pemerintah seharusnya menjadi contoh dan teladan bagaimana melaksanakan prinsip2 dalam pancasila dengan tidak melakukan abused of power dan tak lagi selalu membela diri dan bersembunyi dibalik pernyataan “itu oknum”. karena semua tindakan yang bertentangan dengan Pancasila harus benar2 dipertanggungjawabkan oleh pemerinta kepada rakyat.
(22 April 2013, 0:02)

Disalin:
https://m.facebook.com/photo.php?fbid=10152848479015297&id=303373885296&set=a.313201835296.325695.303373885296&refid=17&ref=stream

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s